Walk and Push Part I

based on my true story..

Banyak sebenernya yang mau gw certain hari ini. Tapi semua tergantung jari jemari dan keadaan kepala gw saat ini. Apakah bisa menyelesaikan semuanya apakah tidak. Bismillah.

Kemarin gw baru aja touch down di stasiun Jatinegara, Jakarta Selatan. Lanjutannya, gw ke pasar minggu dan jalan kaki dari sana sampai rumah. Alasannya sederhana: menyesal. Pas di Stasiun, nyokap nyuruh gw naik angkot. Dan saat itu ada tukang ojek yang nawarin 25.000 rupiah sampe rumah di pasar minggu. Gw tolak dengan alesan bahwa selain nyokap nyuruh naek angkot, yang gw pikir naik angkot ternyata lebih murah.

Jadilah gw naek angkot.

Yang gw pikir adalah, angkotnya bakalan berhenti di deket rumah, jadi gw tinggal jalan kira-kira 300 meter doang. Dan ternyata, angkotnya berhenti pass di pasar minggu, langsung puter balik gitu. Gw santai. 

Ternyata, biaya angkotnya jadi agak sedikit mencengangkan, yakni 8000 rupiah. Oke. Fine. Sisa duit gw adalah 25.000-8000= 17.000 rupiah.

Alhasil, gw kesel sama diri gw sendiri. Saat itu, di pasar minggu jam 2 pagi, gw nyari ojeg dan ojegnya minta bayaran 15.000 rupiah. Yaudah gw terdiam dalam jiwa. Niat gw hemat, malah sama aja. Mendingan tadi gw bayar 25.000 tukang ojek bisa sampe rumah.

Seketika gw berniat jalan kaki dengan alasan yang dibuat-buat supaya minimal gw gak terlalu sedih dengan kebodohan gw sendiri pagi itu. Gw jalan kaki sekitar 2 km dari pasar minggu ke rumah.

Setibanya di depan masjid kesayangan kita bersama, Masjid Nurul Amal, gw menemukan diri gw melihat ke atas. Bener banget, di situ jalan menanjak dan lucunya gw ngegendong tas gede dan tangan kanan gw megang piala setinggi 70cm –yang sebelumnya gw banggain itu-. Kaki gw mulai perih, perih gara-gara make sandal merk ‘Discovery’ produksi Indonesia yang dibuat Handmade seharga 25.000 yang gw beli di Gading Mas. Beneran perih.

Tanpa banyak mengeluh, gue baca bismillah aja. Dan akhirnya terlihat dua sosok wanita yang sedang mendorong motor. Karena itu di depan mesjid, dan yang gw tahu itu tanjakan tinggi, gue berantem sama diri gue sendiri. Di dalam hati memperdebatkan ‘apakah nolong atau tidak’.

Jahat:”jangan ditolongin Mi, itu tanjakan, lu kan capek abis 8 jam perjalanan”

Baik:”Tolongin Mi, dengan menolong orang, kita bisa dapet bantuan di lain waktu”

Jahat:”Mi, lu kan suka niat baik, sering mikirin orang, tapi apa yang lu dapet? Hinaan, cemoohan, diomongin dibelakang, diejek-ejek, dah tinggalin aja”

Baik:”Mi, hidup itu harus saling tolong menolong, soalnya nanti lu mati, lu ga akan bisa ditolong siapapun kecuali alloh sama nabi Muhammad, dan juga amalan lu”

Jahat:”Mi, lu pikir deh baik-baik, lu udah ngasih ide buat semuanya, bahkan di semua acara yang lu panitia-in, tapi apa yang lu dapet? Tekanan? Masuk rumah sakit gegara drop? Hinaan? Ngapain nolong itu dua orang cewe, mana jelek pula..”

Baik:”Mi, inget, bayangin diri lu di sana, atau bayangin itu cewe dua adalah ibu dan kakak lu, ya mereka berdua emang jelek sih, tapi coba lu bayangin. Sekarang jam setengah 3 pagi, gimana kalo mereka adalah elu atau orang tua lu atau keluarga-pacar lu sendiri? Tega lu?”

Jahat:”Mi.. Inget balasan semua orang yang udah lu tolong. Inget Mi. Kemana mereka setiap lu susah? Kemana mereka setiap lu ga mau keluar kamar atau bergaul gara-gara ga punya duit? Kemana? Apa mereka bantuin lu? Apa mereka dateng? Enggak kan? Hah?”

Baik:”Mi..  semua kebaikan yang kamu lakuin itu bukan semata-mata kamu mau dibalas.. Bukan semata-mata kamu mengharapkan balasan berupa uang atau bantuan lainnya, bukan juga merupakan balasan dalam bentuk pujian, tapi semua itu berujung pada ridho Allah swt atas segala bantuan yang seharusnya kamu harapkan. Jangan berharap manusia yang membalas, tapi harapkan Allah yang balas di akherat”

Jahat:”Ingat Mi! (mulai ngomong keras) bayangkan semua balasan perbuatan 'mereka yang kamu bantu', bayangkan apa yang harus kamu bayar ketimbang yang kamu dapatkan! Bayangkan di depan wajahmu yang lelah letih karena  baru turun dan langsung jalan kaki satu kilometer itu! Bayangkan!”

Baik:”Mi.. ketahuilah, kamu seharusnya sadar. Siapa yang memberi mu baju dan barang seharga jutaan jika di total untuk hadiah kamu ulang tahun? Pacarmu yang selalu kamu marahin. Ya memang dia nyebelin sih, tapi ingatlah ayahmu juga yang membuat bobot badanmu mampu naik 10kg sejak di jogja, ingat baju yang kamu pakai sekarang, ingat celana jeans yang kamu kenakan -ibumu belikan dengan berdesak-desakan di dalam kereta ekonomi di Tanah Abang! Ingatlah tas yang kamu panggul sekarang! Semua yang sekarang ini kamu kenakan adalah hasil pemberian orang tua dan pacar dan kakak kamu! Semuanya dari keluargamu! Mereka sudah berbuat baik kepadamu tanpa mengharapkan balasan! Itu karena Allah mengijinkan mereka semua memberikannya kepadamu! Karena Allah memberi tahu malaikat bahwa kamu butuh ini butuh itu sehingga malaikat menurunkan rizkynya! Ingat itu!”

Jahat:”Ane setuju deh sama agan ane yang di atas”

Baik:”Tuh kan.. Bantu aja Mi, siapa tahu mereka anak orang kaya –sekalipun jelek, nanti kamu diajak ke istana gitu, dikasi duit banyak buat usaha jualan komputer? Ya kan? ya semacam momotaro gitu"

Gw:”Oke, gue suka pernyataan lu yang terakhir men.. doain aja, gue bantu mereka deh,bismillah”

Percakapan di atas terjadi selama 1 detik. Yah, ga mungkin juga gw mikir lama-lama. Akhirnya gw bantu kedua cewe itu supaya sampai diatas.. gue ikhlas ko. Haha.

Selanjutnya.. 

to be continued..

Comments