Kemana Makhluk Selain Manusia (Hewan dan Tumbuhan) Setelah Mereka Mati?


Gw dulu sering mikir, kemana perginya ruh hewan dan tumbuhan setelah nanti mereka pada mati.. ya kalo manusia kan jelas, ke akherat, entah neraka, entah neraka. Suatu hari, gw ditanya gitu sama temennya temen gw, namanya Maya, bocah kelahiran Jember tahun 1991 ini bertanya hal tersebut ke gw. Gw yang lantas seorang remaja mesjid sejati berusaha berpikir. tapi ya ujung-ujungnya gw cuma bisa bilang 'bentar May, gw juga sering mikir kayak gitu, gw tanya Imam mesjid sama guru-guru di mesjid gw dulu ya..'

Maya sama gw bingung dan penasaran, kemana tuh perginya hewan dan tumbuhan atau makhluk hidup selain manusia setelah mereka semua mati.. gw kirim sms ke beberapa ustadz yang gw percaya..

Gw juga gak tau kenapa tiba-tiba kita ngomongin agama. Yang jelas, gw sama Maya punya daya tarik tersendiri mengenai hal ini.

Sms gw dibales sama Ustadz Arif di Jakarta..

"iya ya, kemana ya? sudahlah, jangan terpaku dengan hal kecil, kita pikirkan hal yang baik yang sekarang kita bisa jalani, banyak lho pertanyaan serupa, tapi pertanyaan kamu barusan masih kecil lho, gimana kalo saya balik nanya 'setelah kiamat nanti, alloh akan menciptakan manusia lagi ga? akan menciptakan planet lagi ga? akan menciptakan matahari lagi ga? iya kan? lebih rumit.. makanya jangan trerpaku dengan pertanyaan-pertanyaan kecil semacam itu.."

Gw sama Maya terdiam sesaat setelah gw bacain sms dari Ustd. Arif barusan. Kita mulai sadar, pertanyaan kecil itu mungkin emang gak perlu dijawab dan masih banyak hal lain yang bisa kita jawab.

Terus diskusi soal agama kita lanjutin, setelah akhirnya kita punya pertanyaan baru, "apa nanti alloh akan menciptakan manusia lagi setelah kiamat ya? apa ada planet baru lagi?? apa ada matahari lagi? kayak apa rupanya manusia baru tadi? kita bisa liat ga??"

Comments