Emphaty Part I



Gw masih teringat..  dulu smp Cuma pacaran satu kali.. itu juga pas kelas 2 smp.. sama temen sekelas pula.. duduk didepan gw pula.. halah. Gak kreatif banget. Tapi sekarang gw gak bisa pacaran sama temen satu kampus, soalnya kutukan Alm. Pak Djoko Pitoyo masih menyelimuti gw. Beliau adalah seorang dosen fakultas filsafat, seorang dosen pengajar mata kuliah pancasila yang selalu men-skak mat mahasiswa-mahasiswanya.. kalian mau mendengar? Eh membaca cerita mengenai beliau? Simak yuk sebentar.. :D

Pak Djoko:”kalian berada di panggung terhormat yang dinamakan ruang kuliah, jadi saya mohon untuk datang tepat waktu, pakai pakaian yang PANTAS, jangan kaos berkerah, harus kemeja. Kalian tau kenapa setiap ngajar saya pakai kemeja dan dasi seperti ini? Ya, untuk MENGHORMATI kalian karena kita berada di panggung TERHORMAT.
Minggu depannya ada temen gw, temen satu asal sama gw, sebut aja dia “Sun Rise” dengan wajahnya yang biasa-biasa saja datang ke PANGGUNG TERHORMAT (ruang kuliah) pake kaos berkerah, Sun Rise pun dimarahi habis-habisan..
Pak Djoko:”NAMAMU SIAPA?”
Sun Rise:”Sss.. sss. Ssuunn riii sssseee ppppeeppeepeepaakk..”
Pak Djoko:”SUDAH SAYA KATAKAN MINGGU KEMARIN! DISINI PANGGUNG TERHORMAT! KAMU PAKAI PAKAIAN **********! Dasar kamu **********! Benar benar **********! **********! ***********************!!!!!!”
Oke, semua orang diomelin sekitar 8,5 menit. Tapi gw gak nyalahin Sun Rise, semua orang punya pilihan buat hidup. Buat Sun Rise, semangat lah..!

Lalu ada beberapa hal yang saya ingat dari beliau..

Pak Djoko:”Pasti kalian merasa malas datang kuliah di pancasila ini, iya kan?”

Dalem hati gw jawab:”waw.. dia jago baca pikiran, iya bangettt lahh..”

Pak Djoko:”ya, soalnya saya tau kalian sudah ketemu pancasila dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, 
SMP, dan lanjutannya. Jadi kenapa mesti belajar pancasila lagi, iya kan?”

Semuanya:”.........iya bangettt.....”

Pak Djoko:”toh belajar pancasila atau tidak, gravitasi bumi tetep 9.8 m/s^2 kan? Benda jatuhnya tetap ke bawah? Tanaman tetep berfotosintesis kan? Jadi ngapain belajar pancasila? Mending belajar yang lain.. iya kan?”

Gw:”wuihhh,ni dosen sakktiii! Dia tau aja belajar pancasila membosankan dan gak merubah gravitasi.. hahaha”

Pak Djoko:”ya kalau kalian jawab iya, berarti kita gak usah ber- agama saja, gimana? Lha? Kan gak ada agama gavitasi juga tetap 9.8m/s^2? Benda tetap jatuhnya ke  bawah? Tanaman tetap berfotosintesis? Ya? Gimana?

“kalian bisa jawab gak? Kalau jawaban kalian ‘tidak bisa jawab’ itu artinya normal, dan itulah sebabnya  mengapa kalian kuliah pancasila di sini.”

Yap, semua orang terkesima dengan pertanyaan kayak begitu, gak ada yang bisa jawab.. beliau bisa men-skak mat manusia manusia yang pada males belajar ini. Gak ada yang nyangka, seorang dosen bisa mengubah mahasiswanya untuk tetap belajar pancasila. Dan kalian mesti tau, selama gw ikut pelajaran almarhum, anak yang gak masuk itu bisa dibilang hampir gak ada. ‘Kami datang untuk belajar pancasila’ berada di dada mahasiswa yang diajar beliau.

Never let my guard down, and never let your principal away. Nice journey sensei Djoko.



aja rumangsa isa, seng isa rumangsa”
 jangan selalu merasa bisa tapi bisa-bisa lah merasa..

 ( alm. Djoko Pitoyo)

Comments