There is No Need to Say


udah setahun loh.. gw di jogja.. 2 smester.. ada enak.. ada ga enak.. haha semua gw lewatin.. di blog gw yang kedua ini, agak berbeda dengan yang pertama.. di yang pertama gw cuma menumpahkan isi hati yang kira-kira lucu.. tapi di yang kedua in bakalan bervariasi,sesuai mood gw dan ingatan gw, entah yg enak,enek, ato uenakkkk.. haha

tapi ada satu yang mengganjel di hati gw sampe sekarang..

gw cuma mau memberi saran..

udah lah ga usah di perhalus..

gini,gw cuma mau ngasih peringatan.. bentar lagi kan ada maba.. mahasiswa baru.. maba yang dari luar daerah jawa atau maba yang dari jawa,tapi ga bisa bahasa jawa, kayak gw dari jakarta(jakarta itu di jawa loh! jangan bego!), nah gw pengen temen-temen yang ngerasa "BISA" bahasa Jawa, jangan sombong yah? masalahnya gw sering di 'sombongin' sama temen-temen lain..

gimana sih di'sombongin'?

gini,pas orang yang ga bisa bahasa Jawa pengen blajar,otomatis pas ada pembicaraan mereka berusaha menyelipkan bahasa Jawa di tiap pembicaraan, contohnya..

kamu mau nang ndhi tho?

ya kan? sikap yang biasanya sama si 'sombong' ini biasanya..

"ga usah bahasa jawa deh, bahasa lo jelek"
"ga usah pake bahasa jawa deh, bahasamu aneh"
"pake bahasa indonesia aja, lw gak cocok pake bahasa jawa"
"Apaan tuh? prasaan gak ada deh yang kayak gitu di Bahasa Jawa?"

bener ga? gw yakin temen-temen yang BISA bahasa Jawa pernah ngomong gitu? ato nggak serupa, tapi dengan kalimat lain..

tau gak? kalimat-kalimat itu merupakan suatu tindakan kriminal loh?

kriminal sosial namanya.. itu suatu tindakan pembunuhan karakter, yakni menghentikan suatu usaha dan atau upaya orang lain untuk mencapai dan atau mendapatkan sesuatu. gw yakin setelah ada kata-kata seperti itu, orang yang digituin pasti gak mau pake bahasa jawa lagi, apa temen-temen seneng? nggak kan? suatu saat temen-temen akan di bales loh di daerah lain, dan kalian akan merasakan apa yang saat itu gw-atau orang2 yang lain- rasakan saat mengalaminya..

terus gimana dong solusinya?

kalau ada yang pake bahasa jawa ancur kayak gitu, kalian bilang..

"bukan gitu, yang bener tuh, 'koe ki ar nang ndhi tho?' " atau kalian kasih yang lebih halus lagi.. kan indah tuh? ya kan?

Jadi intinya, jangan cuma bisa nyalahin orang, kamu ajarin yang bener kayak apa.. setahun udah lewat, masih aja ada anak 'sombong'. kalau mau main sombong-sombongan? boleh. ayo adu sombong-sombongan, banyak-banyakan vocabulary bahasa inggris? adjective? rumus? gw hapal 15 loh.. mau? gw juga salah satu pendiri english club di jakarta,walaupun dalam skala kecil.. gw yakin geurend aja lw gak bisa ngeja? artinya? penjelasannya? bingung kan?

makanya jangan sombong.. ga enak di'sombongin'.. ya kan? jadilah orang yang gak cuma bisa bermanfaat buat diri sendiri karena nabi muhammad saw bersabda.. sebaik-baiknya orang adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.. gitu..

kalo mau marah,monggo, tapi ambil kaca dulu ya ^^



image from:sosbud.kompasiana.com

Comments